Sosok dibalik penari sintren

Sintrenmerupakansalahsatuwarisansenileluhurmasyarakat Cirebon. Sang penariSintren dilakukanolehseorangperempuan.
Seorangperempuandiikatdandimasukkankedalamkurunganayam yang sudahditutupkain.Beberapasaatsetelahdibacakanmanteraoleh sang pawang, perempuantersebutberubahmenjadipenariSintren yang terkenal.
MenggunakankacamatahitamdanpakaiankhasSintren.PenariSintrendidampingibeberapa orang berpakaianadat.Bakkesurupan, lenggaklenggokpenarisintrenmenaridikawalbeberapapawangdenganwangikemenyan di sekelilingnya.
Gamelan pun ditabuhsebagaipengiringtarianSintren yang sudahdikenalmasyarakat.Sesekaliperempuantersebutterjatuhsaatpenontonmelemparuangketubuhnya.
Saatpenontonmelemparuang, parapengawaldanpawangsintrenmenahannyasaatsebelumjatuhketanah.Serayamembacakansebuahmantera, sintrenkembalimenari.
KesenianTariSintren CireboninimenjadisalahsatupelengkapdalamsuasanaliburLebaran di GuaSunyaragi Cirebon.Sultan Keraton XIV Kasepuhan Cirebon PRA AriefNatadiningratmenjelaskan, tariSintrenmerupakansalahsatuwarisanbudaya Cirebon yang masihlestari.
"Sintren kami pilihmenjadisalahsatupertunjukanseni di GuaSunyaragikarenaantusiasmemasyarakatjuga.Merekatertarikdengansintrenkarenaterjatuhsaatdilemparuang," ujar Sultan Arief, Kamis (12/9/2019).
Dahulu, TariSintrenidentikdengannuansamagis.Sebab, sejumlahatraksi yang dilakukancukupmembuatpenontontakjub.
Namunseiringberkembangnyawaktu, tarisintrendapatdipelajaridalamkeadaansadar.
Menurut Sultan Arief, tariSintrenadalahbagiandarisenitaritradisional yang memilikimaknafilosofisdalamkehidupanmasyarakat, yaknimengingatkan agar manusiatidaklupadiridalamkehidupan di dunia.
"Maknafilosofipenarijatuhkarenadilemparuangyaitumanusiasemakinbanyakuangcenderunglupadiridandari situ bisamenjadipangkalkejatuhannya," ujar dia.
KehadiranTariSintren di GuaSunyaragidiharapkanmembuatpengunjungberkesan.Selainitu, maknaTariSintren yang dipertunjukkankepadapengunjungdapattersampaikan.
MenurutAriefkeseniantakhanyamenjaditontonanmelainkansebuahtuntunandalamberkehidupanpadazamandahulu.
"Membuatpengunjungmenjadiberkesanitu yang kami inginkansehinggamerekatidakbosandatangke Cirebon," harapArief.
SelainTariSintren, situsGuaSunyaragijugamenghadirkanberbagaitariantradisional lain sepertiTopeng Cirebon. Sultan Ariefmengatakan, pertunjukansenitersebutdisuguhkanhanyasaatmomenliburLebaran.
Sintrenadalahtarian yang terkenal di wilayah Cirebon dansekitarnya.Biasanyaditampilkandalamperayaankhusus di masyarakatataumomen-momentertentu di Keraton.
Sintrenadalahtarian yang terkenal di wilayah Cirebon dansekitarnya.Biasanyaditampilkandalamperayaankhusus di masyarakatataumomen-momentertentu di Keraton.Kononsintrenmerupakankesenianrakyat yang di dalamnyamengandungunsurmagis.
Hal inidapatdilihatdariadeganpemanggilanrohbidadari yang dilakukanolehpawanguntukmerasukkedalamtubuhpenarisintren.SintrenadalahsebutanuntukperanutamabagipenariSintren, akhirnyasebutanitumenjadisalahsatunamajeniskesenian, yaituSintren.
MenurutMamadNurahmadselakubudayawanSintren, senitariiniterciptadarikondisimasyarakatpesisiran.Menurut Warta, selakuanggotaseniSintren, adabeberapapersepsimengenaiSintren. Sintrenberasaldari kata Sasantrian yang artinyamenirusantriketikabermainLais, Debus, Rudat yang memakai magic (ilmuGhaib).
Keseniantradisionalsemakinmemprihatinkanseiringkemajuanteknologi.Keberadaanya di tengahmasyarakatmakindilupakan.Salah satunyaadalahkeseniansintren.
Indonesia merupakannegara paling banyakmemilikikeseniantradisional.MulaidariSabanghinggaMerauke, setiapdaerahmemilikikeseniantradisional yang
berbeda-beda.
Salah satukeseniantradisional yang makindilupakansalahsatunyaadalahkeseniansintren.Sintrenmerupakankeseniantradisional yang berasaldaripesisirutarapantaiJawa Barat danJawa Tengah.Daerah persebarankesenianini di antaranya di Indramayu, Cirebon, Majalengka, Jatibarang, Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas, danPekalongan.
PemerhatisenibudayaErwindhomenjelaskan, keberadaankeseniansintrenhampirpunahkarenatidakadawarga yang menanggap.Jikatidakadaupayamelestarikan, menurutErwindho, keseniansintrensebagaisalahsatukekayaanbudayadankearifanlokalinitidakmenutupkemungkinanakanpunahdariperbendaharaanbudayabangsa.
salahsatuusahauntukmelestarikankeseniansintrenadalahdenganseringdigelarnyapertunjukansintren. Utamanyasaatacarasedekahbumimaupunacarapesta di suatudaerah, akanmenarikjikamenampilkankeseniansintren.
Karenanyadiasangatmendukungjika di tiap-tiapkecamatanataukelurahan, perludigelarkesenianrakyat, takterkecualikeseniansintren.Minimal pertunjukanrakyatdigelarsetiapduabulan, sehinggawarganyasalingsilaturahmi.Salingtegursapa.
Kalausetiapkecamatanataukelurahan, nantinyaada agenda pertunjukankesenianrakyatsemisalitupertunjukanwayangkulitataugolek.Ataupertunjukankesenianlain, sehinggaiklimkesenian di Kota Tegaldansekitarnyasemakindinamis.
Dalamsejarahnya yang namanyasenitradisional, selainmelekatfungsihiburanjugasebagaisaranakegiatanupacarabersama.Lebihjauh, kesenianjugadapatmenumbuhkansemangatnasionalisme.Keseniansebagaibagiandarikehidupanmasyarakat, keberadaannyaharustetapdilestarikan.
Sintrendikenaljugadengannama lain yaitulais. Keseniantradisionalsintreninisebenarnyamerupakantarianmistis, karena di dalamritualnyamulaidaripermulaanhinggaakhirpertunjukanbanyak ritual magisuntukmemanggilrohataudewa.Agar kesenianinisemakinmemilikisensasiseni yang kuatdanunik.
Asalmulamunculnyakesenianinitidakterlepasdarisebuahcerita yang melatarbelakangikesenianini.KeseniansintrentidakbisadilepaskandengankisahantaraSulasihdan R. Sulandono, seorangputrabupati di MataramJokoBahuataudikenaldengannamaBahureksodanRr. Rantamsari.
PercintaanantaraSulasihdan R. Sulandonotidakdirestuioleh orang tua R. Sulandono.Sehingga R. Sulandonodiperintahkanibundanyauntukbertapadandiberikanselembarkain (saputangan) sebagaisaranakelakuntukbertemudenganSulasihsetelahmasabertapanyaselesai.
SedangkanSulasihdiperintahkanuntukmenjadipenaripadasetiapacarabersihdesadiadakan, sebagaisyaratdapatbertemu R. Sulandono.
Tepatpadasaatbulanpurnamadiadakanupacarabersihdesa, berbagaipertunjukanrakyatdigelar, makapadasaatitulahSulasihmenarisebagaibagianpertunjukan. R. Sulandonoturundaripertapaannyasecarasembunyi-sembunyidenganmembawasaputanganpemberianibunya.
Sulasih yang menarikemudiandimasukikekuatan spirit Rr. Rantamsarisehinggamengalami “trance” dansaatitupulalah R. SulandonomelemparkansaputangannyasehinggaSulasihpingsan.
SaatSulasih trance ataukemasukanrohhalusataukesurupan yang disebut ‘Sintren’ danpadasaat R. Sulandonomelemparsaputangannyadisebutsebagai ‘balangan’. Balanganyaitupadasaatpenarisintrensedangmenarimakadariarahpenontonada yang melemparsesuatukearahpenarisintren.
Setiappenariterkenalemparanmakasintrenakanjatuhpingsan. Padasaatitulahpawangdenganmenggunakan mantra-mantra tertentukeduatanganpenarisintrendiasapidengankemenyandanditeruskannyadenganmengusapwajahpenarisintrendengantujuan agar rohbidadaridatanglagisehinggapenarisintrenitudapatmelanjutkanmenarilagi.



0 komentar